Senin, 28 September 2015

Tentang Kaca Mobil

Benz Velo (1894), salah satu tipe di awal-awal perkembangan mobil.
image: softeis/commons.wikimedia.org

Kaca mobil. Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya berpendapat bahwa akan terasa aneh jika sebuah kendaraan bernama mobil hadir tanpa benda transparan ini di zaman sekarang. Meski bila kita melihat ke belakang dan mengetahui sejarah mobil di masa lalu, bentuk mobil di awal-awal dan cikal bakal otomotif dimana orang mulai merancang permobilan adalah tanpa adanya kaca mobil. Tak hanya kaca mobil saja yang belum ada, tetapi sekalian atapnya :)

Tapi hal tersebut bukannya tak masuk logika. Saat mesin otomotif masih dalam bentuk pertamanya, lajunya juga tak secepat sekarang. Lagipula, kemungkinan peletakan kaca mobil di depan atau dimanapun bisa mengganggu sistem mobil secara keseluruhan karena letak mesin mobil beserta kemudinya berada di depan. Waktu itu mobil masih dalam tahap pengembangan secara fungsi, bukan pengembangan secara desain yang mempertimbangkan satu bentuk yang estetis pada bidang mekanis. Tapi jika kita semua melihat, ilmu desain (yang diterapkan ke otomotif) saat itu belum terlalu berkembang, dan masih banyak yang dikerjakan tanpa bantuan mesin atau manual.

Beruntunglah Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya kini dimana teknologi sedang moncer dan berada pada titik tertingginya untuk diulas dan diulik lebih dalam. Ilmu desain pun telah berkembang pesat dengan rancang bangun yang elegan pun bisa kita nikmati. Dan dalam setiap desain mobil yang ada sekarang kita mendapati adanya kaca mobil ini beserta teknologinya: wiper sebagai pembersih/penyeka hujan, serta power window untuk buka-tutup kaca secara otomatis. Adanya teknologi kaca film pun menghindarkan kita dari sinar matahari yang bisa memanggang interior mobil.

Meski tampil minimalis, sebuah kaca mobil tetaplah penting untuk mobil masa kini.
image: Craig Howell/commons.wikimedia.org

Kaca mobil melindungi penumpangnya dari terpaan angin kencang. Kehadiran kaca film tersebut bisa juga melindungi privasi penumpang di dalam mobil dari luar oleh sifat peredam cahayanya; meskipun kita juga mengetahui kelemahannya saat mobil berkaca film tersebut berada di tangan orang jahat :)
Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menemukan artikel menarik dari salah-satu media online: http://tips.autobild.co.id/read/2014/10/20/11652/51/15/Berbagai-Penyebab-Kaca-Mobil-Bisa-Pecah. Di dalamnya dijelaskan bahwa pada kesempatan tertentu kaca mobil pun bisa pecah dan harus diganti. Meski kita tahu ada mobil cabriolet/convertible dengan sedikit bagian kaca yang tampak. Rasanya kaca mobil convertible yang masuk bagasi pun bisa pecah juga... ^_^

Tapi, di satu sisi ada teknologi lain yang masih terkait kaca film dari beberapa produsen. Kaca film ini ada yang mampu melindungi hingga anti pecah bila terkena pukulan perampok yang ingin menghajar mobil kita demi menggasak barang di dalamnya atau melarikan mobil tersebut. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya juga melihat kemungkinan lain saat melaju di sekitar rerimbunan pada jalan-jalan kota: pohon tumbang. Kaca film inilah yang merekatkan pecahannya sehingga tak melukai kita. Tapi bagaimanapun canggihnya kaca film tersebut, kaca mobil masih diperlukan sebagai 'kerangka' atau sandaran bagi kaca film tersebut untuk tegak berdiri.