Sabtu, 16 Januari 2016

Sirkuit, Pebalap dan Pengendara (1)

Seorang pebalap senior luar negeri pernah berujar bahwa pebalap serius tidak menggunakan jalan raya (umumnya) sebagai arena balapan. Sebuah kalimat yang pas dan logis tanpa sesat pikir.
Mengapa demikian, karena soal balapan ini identik dengan performa tinggi. Sedangkan jalan raya umumnya adalah merupakan infrastruktur transportasi, bukan perlintasan yang memang bukan dibuat untuk adu kecepatan.

Salah satu balapan di Sirkuit Hongaroring, Hungaria. Image: commons.wikimedia.org/Mejdrzer

Di sirkuit yang memang dikhususkan untuk adu balap, pengamanan untuk semua orang lebih diperhatikan. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat, dari sisi penonton saja ada pengaman berupa pagar hampir sepanjang track yang dikelilingi penonton, lautan pasir, tumpukan ban bekas, kemiringan jalan pada tikungan dan lain sebagainya. Sedangkan di jalan raya dimana Sewa Mobil Pregio di Surabaya biasa mengaspal dalam kesehariannya tak mempunyai kelengkapan macam itu. Kebanyakan di pinggirnya malah berupa bangunan mall, toko, rumah atau perkantoran atau pepohonan; dan sebagian besar di sisinya digunakan untuk trotoar para pejalan kaki. Karena itu kita bisa melihat banyaknya manusia yang berlalu-lalang (bahkan juga hewan) di jalan raya sebagai bagian dari pengguna jalan.

Dari sisi pebalap sendiri, keamanan ini juga ditunjukkan oleh keharusan menggunakan helm berstandar tinggi dengan tingkat penglihatan yang cerah, jaket yang tebal dengan pelindung yang baik di sekujur tubuh terlebih pada siku, betis dan lutut, sepatu yang baik, sarung tangan dan lainnya. Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya mendapatkan referensi bagus tentang pelindung bagi pengguna motor. Bahkan jika dia adalah pebalap profesional, standarnya pasti lebih tinggi dari video berikut:



Sedangkan pebalap liar terkadang malah mengabaikan keselamatan jika melihat minimnya perlengkapan yang dikenakannya.

Seorang pebalap pro adalah seorang atlet yang memang 'bekerja' dan mengejar prestasi demi kemenangan timnya. Adanya sponsor besar yang mendukung event profesional tersebut mungkin bisa menjadi penopang keberlangsungan balapan serius ini, sama seperti seorang atlet sepakbola atau bulutangkis misalnya. Tapi dalam arena balap ini bukan hanya soal manusia saja, di dalamnya ada perangkat keras lain yakni sebuah kendaraan yang telah berbalut teknologi terbaru. Adanya faktor mesin dan lainnya ini yang membuat sebuah member tim perlu bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan kemenangan, karena faktor keamanan dan keselamatan tadi.

Kembali ke faktor jalan raya. Selama ini Rental Mobil Innova di Surabaya juga kerap menemui balap liar yang diadakan di jalanan Surabaya, terutama kelas sepeda motor. Tentu saja demikian karena banyak yang mengatakan bahwa sepeda motor mempunyai fleksibilitas dan cukup terjangkau bagi kebanyakan orang. Penjual komponen suku cadangnya pun bertebaran di semua penjuru kota dengan variasi harga yang lebar. Tetapi di antara semuanya, ternyata masih ditemui balapan yang memang berizin dan ditujukan sebagai penyaluran mereka yang hobi menggeber kendaraan di jalan raya.

Sewa Mobil Surabaya menemukan satu referensi bagus tentang adanya sirkuit dadakan yang sengaja dibuat demi sebuah event balap motor: http://balapmotor.net/modif/perbandingan-sirkuit-dadakan-balap-motor-indonesia-vs-malaysia-bag-1 dan kelanjutannya: http://balapmotor.net/modif/perbandingan-sirkuit-dadakan-balap-motor-indonesia-vs-malaysia-bag-2.
Sekedar membandingkan tentu membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang realitasnya di lapangan. Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mengambil referensi lain tentang adanya balapan yang diadakan di jalan: http://otomotif.indosport.com/20151223/5-lokasi-sirkuit-dadakan-di-jawa-barat; sebagian di antara sirkuit ini adalah dekat pusat kota dan pemerintahan ketimbang di pinggir kota. Tapi jika kita berpikir kegiatan ini akan mengganggu kinerja para pejabat, mungkin tidak juga. Karena jam kerja pegawai pemerintahan itu tidak sama dengan para pekerja kantoran umumnya. Lagipula, waktunya pun bisa diatur sehingga pengemudi rental mobil macam Sewa Mobil Avanza di Surabaya yang merupakan pengguna jalan; jika hal ini juga diselenggarakan di kota-kota di Jawa Timur atau (khususnya) Surabaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar